Tips Memilih Nama Domain Untuk Website

Kadang memilih nama domain bisa membuat pusing bagi orang yang akan membuat website. Nama website yang menarik bisa memberikan dampak yang besar bagi kelangsungan bisnis online Anda.

Banyak orang beranggapan bahwa langkah pertama untuk memulai website adalah desain, mengetahui tips cara memilih nama domain yang tepat itu juga tidak kalah pentingnya – malahan mungkin memilih nama domain merupakan bagian tersulit dari proses pembuatan web. Tidak peduli apa jenis web atau blog yang dibangun. Banyak sekali orang terjebak dalam proses desain website sampai melupakan bahwa nama domain adalah hal utama yang pertama kali pengunjung lihat dan ingat.

Lalu, apa saja yang sebaiknya kita perhatikan di saat akan memilih nama untuk domain?

  • Pilih Nama Domain yang Mudah Diingat

Gunakan domain yang mudah diucapkan, dimengerti, dan diingat. Ketika anda memberitahu seseorang nama domain anda secara verbal – misalnya melalui telepon – domain yang terlalu panjang atau sulit dimengerti pasti akan sulit diingat atau bahkan bisa membuat bingung orang lain.

  • Buat supaya mudah dieja dan diucapkan

Ketika kita menyampaikan nama domain kepada orang lain, nama domain tersebut harus jelas didengar dan bagaimana mengejanya. Jika tidak, kita akan kehilangan trafik ketika calon pengunjung salah ketik alamat website.

  • Menggunakan Top Level Domain (TLD)

Sebaiknya anda menggunakan TLD (Top Level Domain) berekstensi dot com untuk nama domain anda. TLD .com adalah eksetensi domain yang paling mudah diingat orang. Misalnya ketika ada domain dengan kata yang sama – misalnya parfum original – biasanya orang akan mencoba membuka situs berekstensi dot com terlebih dahulu.

  • Deskriptif

Sebuah nama domain yang baik memang sebaiknya bersifat deskriptif. Karena itu akan memudahkan pengunjung dan pelanggan Anda mengasosiasikan nama domain dengan usaha Anda.

  • Tidak menggunakan simbol

sebaiknya jangan membuat nama domain yang mengandung angka atau tanda hubung. Karena kecenderungan orang ketika akan mengetik nama domain suatu website, biasanya gandeng semua tanpa tanda hubung. Jika memang terpaksa, sebaiknya nama domain jangan terlalu panjang.

  • Hindari Nama Domain Yang Buruk

Jangan pernah menggunakan nama domain yang berbaru SARA atau PORN karena ini akan memberikan dampak buruk pada situs anda dan tentunya image anda sendiri. Search engine seperti google biasanya berorientasi pada kata kunci, bila domain anda mengandung kata-kata yang berbau SARA, hal ini dapat mengakibatkan situs anda diblacklist oleh search engine, yang akhirnya akan berdampak pada jumlah pengunjung situs anda.

  • Berkesan

Sebuah nama domain yang baik harus diingat. Memang sih, ada fungsi “bookmark” di internet. Namun memilik nama yang berkesan akan memudahkan orang untuk mengingat kembali situs Anda. Sebaiknya timbulkan kesan yang tegas dan mewakili usaha yang Anda jalankan. Sebisa mungkin hindari singatan dan kata-kata yang susah dibaca.

Itulah tips cara memilih nama domain website yang baik, semoga anda bisa menemukan domain yang cocok dengan blog atau website yang akan anda bangun 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s